Sabtu, 22 Agustus 2015

Teknik Energi Terbarukan


         Program ini menawarkan perkuliahan selama 4 tahun di bidang Teknik Energi Terbarukan khususnya dari bahan bakar nabati (biofuel), energi proses, energi dari biomasa dan biogas, energi listrik, energi mikrohidro, energi surya, energi angin, pengembangan dan rekayasa energi baru. Calon mahasiswa yang bisa mendaftar progam ini adalah lulusan SLTA sederajat dari berbagai jurusan khususnya yang memiliki kemampuan matematika yang memadai. Dalam proses belajar mengajar, mahasiswa mengikuti perkuliahan di kelas, di laboratorium dan di lapangan selama 7 semester, termasuk menyelesaikan tugas akhir. Kemudian pada semester 8, mereka melaksanakan program magang di perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan bidangnya. Setelah menyelesaikan program ini, lulusan akan mendapat gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST.) dan diharapkan mampu menguasai ketrampilan teknis dan manajerial dalam mengelola energi terbarukan mulai dari perencanaan produksi energi terbarukan, teknik proses penyediaan dan pemanfaatan, pengembangan dan rekayasa energi terbarukan. Dengan memiliki kompetensi tersebut, lulusan memiliki peluang kerja berupa wirausaha di bidang konsultan energi terbarukan, atau menjadi karyawan di suatu perusahaan pengguna atau pembangkit energi terbarukan.

          Energi Terbarukan merupakan energi alternative dalam menghadapi krisis energi yang sedang terjadi di dumia. Negara-negara maju telah lama mengembangkan energi terbarukan ini dikarenakan memang kebutuhan manusia terhadap energi semakin lama semakin meningkat. Indonesia sebagai negara yang berkembang mulai gencangkarkan pengembangan energi terbarukan. Tujuan program aksi pemerintah mengembangkan energi terbarukan antara lain :
  • Upaya menjaga keberlanjutan fiscal dan menurunkan subsidi energi pemerintah melaksanakan Program Percepatan Penyediaan dan Pemanfaatan dan Energi Alternatif 
  • Penyediaan dan Pemanfaatan Energi Terbarukan memerlukan sosialisasi yang intensif kepada seluruh lapisan masyrakat mulai dari tingkat bawah sampai atas.
  • Pemanfaatan Teknologi baru dalam penyediaan dan pemanfaatan Energi Terbarukan akan meningkatkan ketersediaan energi alternatif bagi masyarakat.
  • Penyediaan dan pemanfaatan Energi Terbarukan harus memperhatikan bila kemungkinan pengembangan bisnis agar kegiatan dapat berjalan melalui mekanisme pasar.

          Beberapa usulan konsep untuk pengembangan energi terbarukan antara lain : 
  • Diperlukan sebuah analisis pemetaan, pengkajian dan pengembangan potensi energi terbarukan di wilayah Indonesia.
  • Pembangunan daerah sdisesuaikan dengan kondisi sumber energi terbarukan yang tersedia dalam wilayah tersebut.
  • Mengoptimalkan penawaran energi terbarukan untuk kebutuhan energi secara lokal untuk mencapai otonomi sumber energi. 
          Visi
  • Menjadi progam studi yang unggul dalam pendidikan vokasi dibidang energi khususnya pengembangan energi terbarukan sehingga menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang keilmuan dan mampu mengatasi berbagai permasalahan energi di masa mendatang.
          Misi
  • Menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam bidang teknik konversi energi khususnya energi terbarukan secara profesional dan bertanggung jawab.
  • Melaksanakan berbagai penelitian yang hasilnya dapat diterapkan di masyarakat maupun dalam dunia industri serta bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di indonesia.
  • Melaksanakan pengabdian kepala masyarakat terkait dengan permasalahan pemenuhan kebutuhan energi masyarakat serta pemanfaatan sumber-sumber energi terbarukan yang melimpah jumlahnya.



0 komentar:

Posting Komentar